BAB I
PENDAHULUAN
C. Latar Belakang
Kewirausahaan merupakan suatu kegiatan sosial yang tidak bisa lepas
dari hubungan bermasyarakat. Kegiatan
berwirausaha juga sangat berpengaruh dalam menjalani kehidupan yang ada. Karena tanpa seorang pengusaha pastilah kita
sangat sulit untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, baik itu barang atau
makanan sekalipun. Dengan demikian, kita dapat mengetahui berbagai jenis aneka
wirausaha yang ada termasuk wirausaha dalam bidang makanan.
Pada konsep pemasaran, banyak sekali keanekaragaman makanan baik
itu makanan tradisional ataupun modern. Tak ketinggalan pula dari sisi harga
yaitu mulai dari yang murah hingga yang mahal. Dalam menjalani aktivitas
sehari-hari tentulah setiap orang sangat membutuhkan asupan makanan sebagai
sumber energinya. Kini banyak sekali berbagai macam makanan yang dijajakan
diberbagai tempat.
Dari berbagai keanekaragaman makanan yang dijajakan, salah satu
makanan tradisional yang cukup sederhana dan cocok untuk menjadi makanan ringan
yang cukup istimewa yaitu “Gethuk Pisang Khas kediri”. Untuk membuat makanan tradisional ini
sangatlah sederhana dan pembuatan makanan ini akan lebih dilakukan secara
higienis tanpa bahan pengawet dan tentunya akan dijual dengan harga yang dapat
dijangkau oleh semua kalangan.
Keberadaan makanan khas Indonesia tidak kalah menarik dengan
makanan luar yang kini semakin mengubah selera masyarakat. Makanan tradisional
ini memiliki rasa yang enak dan juga mengandung nutrisi. Makanan inipun sudah
dikenal dari masa ke masa. Oleh karena itu, bisnis makanan ini sangatlah layak
untuk dikembangkan menjadi salah satu bisnis kuliner alternative yang ada di
Indonesia, maka kami membuat usaha “Gethuk Pisang Khas Kediri” agar masyarakat
lebih mengenal makanan tradisional khas Indonesia, terutama makanan yang satu
ini.
B. Tujuan
v Untuk memenuhi tugas prakarya dan kewirausahaan.
v Sebagai media melatih jiwa pengusaha dikalangan pemuda Indonesia.
v Sebagai media mencari keuntungan.
v Untuk menenuhi kebutuhan konsumen.
v Berwirausaha untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan
masyarakat.
C. Nama Kegiatan
BERWIRAUSAHA MEMBUAT DAN MENJUAL GETHUK PISANG KHAS KEDIRI
D. Bentuk Kegiatan
Kegiatan yang kami lakukan yaitu membuat
gethuk pisang khas Kediri kemudian menjualnya di SMA Negeri 1 Wirosari.
BAB II
METODE PELAKSANAAN
A. Produk
Makanan tradisional khas daerah yaitu gethuk pisang khas Kediri.
B. Bahan Baku
Ø 2 sisir buah pisang kepok yang sudah matang
Ø 1 sendok teh garam halus
Ø 0,5 kg gula pasir
Ø Daun pisang untuk membungkus secukupnya
Ø Sapu lidi secukupnya ( dipotong lancip )
Ø Panili
Ø 1/2 Kelapa
C. Proses Produksi
1.
Kukus
pisang kepok sampai benar-benar matang dan empuk.
2.
Kupas
kulit pisang yang sudah dihaluskan.
3.
Campurkan
pisang yang sudah dihaluskan dengan gula pasir, garam, dan panili.
4.
Tumbuk
halus lagi hingga semua bahan tercampur rata.
5.
Padatkan
adonan selagi masih panas dan diamkan hingga menjadi dingin.
6.
Ambil
tiap satu lembar daun pisang lalu masukkan adonan gethuk pisang secukupnya.
7.
Gulung
memanjang seperti lontong sambil dipadatkan kembali.
8.
Semat
dengan sapu lidi pada kedua ujung.
9.
Parut
kelapa yangsudah disiapkan.
10.
Kukus
gethuk pisang dan kelapa dalam kukusan panas selama 25-30 menit atau sampai
matang dan kenyal.
11.
Gethuk
pisang siap untuk disajikan dengan taburan kelapa diatasnya.
D. Pemasaran
Produk ( gethuk pisang khas wonogiri ) yang telah dibuat akan
dipasarkan di lingkungan SMA Negeri 1 Wirosari.
E. Analisa SWOT
Dalam memulai usaha ada hal penting yang harus dilakukan terlebih
dahulu yaitu mengukur kemampuan pada pesaing, yaitu dengan melalui analisis
SWOT :
Ø Strenght / Kekuatan
Kekuatan dari
produk ini yaitu :
Menjual produk
khas Indonesia untuk semua kalangan masyarakat dengan harga yang sangat
terjangkau dan tentunya dengan cita rasa yang sangat diminati masyarakat.
Ø Weakness / Kelemahan
Kelemahan dari
produk ini yaitu :
Bersifat tidak
tahan lama dan produk ini mudah untuk ditiru oleh pengusaha lain karena
pembuatannya yang sangat mudah.
Ø Opportunity / Peluang
Tempat untuk
menjual produk ini cukup strategis karena hanya dijual di lingkungan SMA
Negeri 1Wirosari.
Ø Threath / Ancaman
Adanya competitor yang menjual
produk makanan gethuk pisang khas Kediri.
BAB III
TARGET PENJUALAN
A. Target Produk
Jumlah produksi yang akan dibuat yaitu 30
bungkus gethuk pisang khas kediri.
B. Target Konsumen
Konsumen yang ditargetkan adalah seluruh
warga SMA Negeri 1 Wirosari dengan target penghabisan 1 hari.
C. Target Pendapatan
Target pendapatan dan keuntungan yang diinginkan dari hasil
penjualan gethuk pisang khas kediri yaitu 50% dari modal pembuatan gethuk
pisang itu sendiri.
BAB IV
RENCANA BIAYA
A. Bahan Baku
No
|
Bahan
|
Volume
|
Harga(Rp)
|
Jumlah(Rp)
|
1
|
Pisang Kepok
|
2
|
5000
|
10000
|
2
|
Gula Pasir
|
0.5
|
16000
|
8000
|
3
|
Kelapa
|
0.5
|
4000
|
2000
|
4
|
Daun Pisang
|
0
|
0
|
0
|
5
|
Fanili
|
2
|
250
|
500
|
6
|
Mika
|
30
|
100
|
3000
|
7
|
Sendok Plastik
|
30
|
50
|
1500
|
Total
|
25000
|
B. Kebutuhan Alat
Ø Panci
Ø Kompor
Ø Parut kelapa
Ø Alat penghalus pisang
Ø Pisau
Ø Sendok
Ø Nampan
C. Harga Jual
Harga untuk penjualan 1 bungkus gethuk pisang khas kediri yaitu Rp.
1500
BAB V
ORGANISASI PELAKSANA
A. Personal
No
|
Nama
|
Pendidikan
|
Tugas
|
1
|
Aneta Fitriani
|
Pelajar
|
Pemasaran
|
2
|
Filias Tidar Adi Nagara
|
Pelajar
|
Pengelola
|
3
|
Lucky Arif Rahman Hakim
|
Pelajar
|
Pemasaran
|
4
|
Nanditiya Widyawati
|
Pelajar
|
Keuangan
|
5
|
Robiyanto
|
Pelajar
|
Produksi
|
6
|
Yunus Tri Cahyono
|
Pelajar
|
Pemasaran
|
B. Struktur Organisasi
BAB VI
PENUTUP
Demikian proposal usaha makanan tradisional ini kami buat, adapun
proposal ini yaitu untuk memperkenalkan lebih detail tentang produk kami dan
untuk memenuhi tugas prakarya dan kewirausahaan sebagai media pembangun jiwa
pengusaha bagi para pemuda Indonesia.
No comments:
Post a Comment