Saturday 5 December 2015

Meditasi

Selamat siang dan selamat berjumpa lagi dengan saya. Di hari minggu yang penuh dengan kenyaman ini saya akan mempostingkan beberapa pengalaman saya tentang meditasi. Sebelumnya saya minta maaf jika saya jarang hadir di blog ini karena ada beberapa kegiatan yang tidak dapat saya tinggalkan. Postingan ini saya tulis berdasarkan pengalaman yang telah saya lakukan dan hal positif yang saya dapatkan ketika bermeditasi. Jika  sobat blogger  pernah melakukan meditasi silakan beri komentarnya untuk postingan ini.

Meditasi atau semedi adalah suatu praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan fikiran dari semua hal yang ada difikiran kita. Dari hal yang menarik, membebani, maupun hal yang mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Banyak orang yang beranggapan meditasi sama dengan melamun sehingga meditasi dianggap hanya membuang-buang waktu saja dan tidak ada gunanya. Tapi itu semua salah, jika kita melamun berarti kita sedang berada dibawah alam sadar kita tapi tidak dengan meditasi. Meditasi justru merupakan suatu tindakan sadar karena orang yang melakukan meditasi tahu dan paham akan apa yang sedang dia lakukan.
Pada tingkat awal, meditasi dapat membantu memerangi stress, meningkatkan kesehatan fisik, membuat kita tidur lebih baik, merasa lebih bahagia dan lebih damai. Karena setelah kita melakukan meditasi maka fikiran, hati, dan jiwa kita terasa lebih tenang.
Pada tingkat lanjut, meditasi adalah sebuah jalan yang akan membawa kita ke sebuah pintu yang tidak kita ketahui. Jika kalian memahami benar apa itu meditasi sebenarnya maka dengan meditasi dapat membantu kita mengungkapkan misteri siapa diri kita dan kita dapat tau tentang jati diri kita sebenarnya. Karena dengan meditasi kita dapat menemukan Jalan untuk masuk dalam kesadaran jiwa dan Jalan untuk meraih ketenangan batin.
Apabila anda secara rutin melakukan meditasi, organ-organ tubuh dan sel tubuh akan mengalami keadaan baik dan bekerja lebih teratur, seperti :
·         Mampu mengatur dan mengendalikan orang lain serta memaafkannya.
·         Mampu memahami orang lain dan memaafkannya.
·         Selalu bertekun dalam hidup yang baik, sebagai pembawa berkat bagi sesama.
·         Mampu menerima suka dan duka, kesulitan, dan kebaikan hidup dengan baik.
Ketika  mulai bermeditasi, kita akan melihat bagaimana liarnya pikiran anda. Pemikiran tentang masa lalu yang pernah menghampiri kita atau masa depan akan berdesakan dengan keberadaan kita di masa sekarang. Kadang-kadang memori ini menyakitkan anda dan terjadi berulang-ulang. Karena suatu kejadian yang pernah kita alami tidak akan pernah terlupakan di dalam fikiran kita walaupun kita pernah lupa akan kejadian itu. Tapi saat kita melakukan meditasi kita akan teringat dengan kejadian-kejadian itu tanpa kita sadari. Jadi guru terbaik dari meditasi adalah pengalaman.  Jangan
Jangan salahkan diri kita tentang fikiran liar kita. Ini adalah kondisi yang alami. Pada waktunya, kita akan belajar untuk bermeditasi secara tenang dengan rentetan pikiran kita, dan kita akan menemukan beberapa kejelasan dan kedamaian.
Berikut adalah beberapa tips sederhana tentang cara untuk memulai meditasi.
1.       Cari tempat yang tenang. Usahakan tempat yang anda gunakan untuk bermeditasi jauh dari keramaian atau lebih tepatnya tempat yang nyaman.
2.      Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman.
3.      Duduk bersila. Bagi sebagian orang duduk bersila terasa tenang. Kita boleh duduk di atas bantalan atau handuk. Anda juga bisa menggunakan kursi, tapi usahakan duduk hanya pada setengah bagian depan kursi.
4.      Bahu harus rileks dan tangan diletakkan di pangkuan.
5.      Buka mata setengah tanpa benar-benar menatap apa pun. Turunkan mata dan biarkan pandangan kita menjadi lembut. Jika kita menutup mata, kita akan lebih mungkin untuk menjauh dari pikiran. Beberapa orang merasakan dengan menutup mata akan jauh lebih efektif dalam meditasi. Ada baiknya untuk bereksperimen dan melihat apa yang terasa paling baik untuk kita.
6.      Kosongkan fikiran. Hapuskan segala pemikiran yang datang, sukar tapi perlu diusahakan dengan sunguh-sungguh.
7.      Teruskan dengan tumpuan pernafasan. Jangan berusaha mengubah pernapasan kita  biarkan perhatian kita terpusat pada aliran napas. Tujuannya adalah agar gangguan dalam pikiran kita perlahan menghilang.
8.      Lemaskan setiap otot pada tubuh kita. Jangan tergesa-gesa, perlu waktu untuk bisa rileks sepenuhnya. Dimulai dari ujung kaki dan terus ke atas sampai kepala.
9.      Gangguan pemikiran pasti datang, tapi perlu dikosongkan sehingga kita Berjaya. Bayangkan kita sedang diselubungi oleh tenaga cosmos dan bayangkan ia memasuki tubuh kita. Inilah titik keberhasilan dari meditasi kita.
Setelah meditasi, jangan terjun buru-buru ke dalam kegiatan luar. Cobalah untuk membawa perdamaian meditasi ke semua yang kita lakukan. Untuk mengembangkan kebiasaan ini, mungkin membantu untuk memulai dengan kegiatan luar yang tidak melibatkan pikiran kita terlalu banyak.

Satu pesan dari saya, ketika kita akan melakukan meditasi usahakan rasa ingin melakukan meditasi itu hadir dari dalam diri kita sendiri. Jangan karena disuruh orang lain. Rasakan kenyamanan dari meditasi, resapi dan pahami segala pengalaman yang kita dapat dari meditasi.

No comments: